Cuma – Cuma

Matius 10 : 5 – 15


Salah satu dalil yang diucapkan oleh Martin Luther sang reformator gereja, pada tahun 1517 lalu adalah “Sola Gratia”. Dalil ini merupakan pemahaman Martin Luther tentang penebusan manusia dari dosa dan tentang keselamatan kita dari Allah. Pada zaman itu, gereja sedang bergiat dalam penjualan surat penghapusan dosa (indulgensia). Pengajaran gereja saat itu didasarkan bahwa setiap dosa kita dapat ditebus dan dihapus dengan cara pembelian surat penghapusan dosa tersebut. Dan tentunya ini sangat menarik bagi banyak orang. Siapa orangnya yang tidak mau dosanya dihapus. Yang penting punya uang dan bisa bayar, maka orang menjadi merasa bebas untuk berbuat dosa. Toh jika ia ingin dosanya dihapus, dia tinggal membeli surat penghapusan dosa itu saja!

Inilah yang melatarbelakangi lahirnya dalil “sola Gratia” Martin Luther adalah seorang yang sangat menekankan kesalehan dan hidup suci. Menurut Luther. “penebusan dosa dan keselamatan itu bisa kita peroleh hanya karena ‘gratia’! Kata “gratia” umumnya diartikan dengan “anugerah” (grace). Jadi kita memahami bahwa penebusan dosa dan keselamatan itu adalah “hanya karena anugerah Allah”. Itu adalah pemberian Allah. Bukan karena usaha kita, ataupun karena kita bayar dengan uang. Benar, penebusan dosa dan keselamatan kita itu kita peroleh karena pemberian Allah. Tetapi ada hal lain yang perlu diingat juga bahwa penebusan dosa dan keselamatan dari Allah itu kita peroleh secara cuma-cuma….gratis! Biasanya sesuatu yang kita peroleh secara cuma-cuma atau gratis adalah karena barang tersebut nilainya kecil atau murah. Namun, jika kita memperoleh penghapusan dosa dan keselamatan dari Allah itu secara Cuma-Cuma atau gratis, justru karena hal itu tidak ternilai, dan tidak akan ada seorang pun yang akan mampu membayarnya, jika harus membayar! Tuhan Yesus menebus kita dengan tubuh dan darah-Nya. Dengan nyawa-Nya! Ini semua karena kasih Allah yang begitu besar kepada kita.

Kita yang telah menerima kasih Allah itu dengan cuma-cuma, maka kita juga harus memberitahukan kepada setiap orang juga dengan cuma-cuma. Jangan dengan perhitungan untung rugi. Apalagi untuk keuntungan diri kita. (ISI)

Doa :
Kami bersyukur atas kasih-Mu yang begitu besar yang telah menyelamatkan kami dengan cuma-cuma. Ajar agar kami pun dapat berbagi kasih kepada sesama juga dengan cuma-cuma. Amin.