Untuk format audio klik di sini


Bukan Sekedar Kenal

Lukas 9 : 18 – 27 


Manusia dapat mengenali sesamanya dengan baik jika ada relasi yang baik di antara mereka. Hubungan dalam relasi ini merupakan hubungan yang sifatnya timbal balik antar individu yang satu dengan individu yang lain dan saling mempengaruhi.

Bacaan firman Tuhan hari ini, berawal dari pertanyaan Yesus kepada murid-murid-Nya, “kata orang banyak, siapakah Aku ini?”. Lalu mereka menjawab, “Yohanes Pembaptis, Elia, ada pula yang mengatakan bahwa seorang dari nabi-nabi dahulu telah bangkit”. Jawaban Petrus dengan jawaban orang banyak tentang Yesus sangatlah berbeda, yakni  “Mesias dari Allah”. Orang banyak mungkin menjawab dengan apa yang mereka lihat dengan pengenalan yang singkat. Yesus yang hadir menyatakan kebenaran, menegakkan keadilan dan melakukan mukjizat tanda kehadiran Allah.

Mereka tidak mengenal Yesus dengan relasi yang dekat, sehingga bisa saja jawaban mereka salah. Salah untuk memahami identitas Yesus. Petrus adalah seorang murid Yesus, yang selama ini bersama dengan Yesus untuk melakukan pelayanan-Nya. Petrus menjadi saksi, atas apa saja yang diperbuat Yesus dalam hal pengajaran, tindakan dan mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Dan di dalam pengenalannya terhadap sang guru, ia mengimani bahwa Yesus adalah Mesias dari Allah. Tentu pengakuan Petrus, bukan hanya sekedar opini pribadi namun ia dapat mengatakan hal itu karena Roh Kudus menolongnya untuk memahami identitas Yesus. Mari, milikilah relasi yang dekat untuk dapat memahami siapakah Yesus. Jangan hanya mengandalkan dan mendengar apa kata orang tentang Yesus, namun alami sendiri siapakah Yesus dalam hidup kita.Libatkanlah selalu Yesus dalam kehidupan kita. (AD)


 Doa:
Ajarlah kami untuk tetap setia dalam relasi dengan Engkau ya Tuhan, agar pengenalan

kami semakin mendalam dan hidup kami ada dalam-Mu. Amin