Untuk format audio klik disini


Mengenal dan Mentaati Tuhan

1 Yohanes 2:1-6


Saya mengenal baik sebuah pasutri yang adalah teman baik saya dan suami. Di usia 10 tahun pernikahan mereka, barulah Tuhan mengaruniakan anak. Begitu bahagianya mereka sehingga setiap malam pasutri ini berdoa yang terbaik buat calon bayi mereka. Salah satu doa mereka supaya bayi yang akan lahir, kelak menjadi anak yang taat kepada orangtua, karena mereka melihat banyak teman mereka yang memiliki anak yang tidak menghormati orangtua mereka.

Tuhan kita yang adalah Bapa kita yang maha kasih, tentunya merindukan kita sebagai anak-anakNya juga taat kepada Dia sebagai wujud kasih kita kepada Tuhan. Tetapi pada kenyataannya kita sering tidak taat. Bapa kita begitu mengasihi kita sehingga Ia rela menyerahkan nyawaNya ganti dosa kita, tetapi tetap saja kecenderungan kita memberontak kepada Tuhan. Mengapa? Karena "dosa" itulah yang menjadi penghalang bagi kita untuk sungguh-sungguh mengenal Tuhan. Dan dosa pula yang menghalangi kita hidup didalam kebenaran. Lebih parah lagi kita dikatakan sebagai pendusta apabila kita tidak menuruti perintahNya (ayat 4).

Sebagai contoh, Tuhan memerintahkan kita "tetaplah berdoa".. apakah kita tetap berdoa dan percaya kepada Tuhan Yesus ketika kita menghadapi masalah, mengucap syukurlah dalam segala hal. Apakah kita mampu mengucap syukur atau kita justru mengeluh, marah, menyalahkan Tuhan, orang lain atau keadaan, ketika kita mengalami situasi yang sulit? Kasihilah musuhmu dan berdoalah untuk mereka, sedangkan kecenderungan kita justru membalas perbuatan jahat mereka. Kondisi di atas menggambarkan bahwa kita tidak sungguh-sungguh mengenal siapa Tuhan kita didalam Yesus Kristus. Marilah kita berdiam diri di hadapan Tuhan, akui segala ketidak taatan kita kepadaNya. Minta Roh Kudus menguasai tahta hati kita, supaya kita dimampukan untuk taat akan firmanNya dan kita akan berbahagia oleh karena ketaatan kita (Yakobus 1:25). (SE).



Doa :
Ya Tuhan, ampuni ketidaktaatan kami selama ini akan firmanMu. Mampukan kami untuk menjadi pelaku firman dan mengenal kasihMu lebih dalam lagi.Amin.