Dipilih Dan Diperlengkapi Tuhan

Yosua 1:1-11


Saat ini bangsa Indonesia sedang sibuk membahas siapa calon pemimpin masa depan (Presiden) yang akan memimpin bangsa yang besar dengan penduduk lebih dari 270 juta orang yang akan menggantikan Presiden Joko Widodo. Banyak syarat yang ditetapkan selain memiliki kapasitas, integritas, elektabilitas tinggi dan sebagainya. Memang tidak mudah memimpin sebuah bangsa yang besar dengan latar belakang suku, budaya, agama yang beragam dan banyak kepentingan di dalamnya. 

Yosua dipilih Tuhan menggantikan Musa untuk memimpin bangsa Israel masuk ketanah perjanjian yaitu Kanaan. Tentunya Tuhan tidak asal memilih Yosua, karena selain Yosua adalah abdi Musa, pasti dia banyak mendampingi kepemimpinan Musa. Yosua pernah ikut berperang menghadapi bangsa Amalek (Yosua 17). Yosua juga bersama Kaleb mengintai tanah Kanaan dengan 10 orang lainnya dan mengabarkan berita yang benar tentang tanah Kanaan sedangkan 10 orang pengintai lainnya membawa berita bohong (Bilangan 13). 

Tidak diragukan lagi bahwa Yosua adalah pribadi yang tepat menggantikan Musa, seorang yang memiliki pengalaman yang mumpuni dan dapat dipercaya. Namun rupanya semua yang dimiliki Yosua tidaklah cukup. Memang Tuhan berjanji akan menyertai Yosua dalam kepemimpinanNya dan memberi kemenangan, tetapi untuk meraih semua itu Yosua harus menyiapkan hatinya dengan baik. Dalam bacaan kita hari ini Tuhan 3x mengucapkan kata "kuatkan dan teguhkanlah hatimu", berarti Tuhan menekankan bahwa tugas yang Dia berikan kepada Yosua tidaklah mudah, sangat berat dan hanya dengan bergantung kepada Tuhan dengan merenungkan firmanNya siang dan malam dan tidak menyimpang kekanan dan kekiri maka Yosua akan berhasil dan beruntung. Itulah kunci keberhasilan Yosua. Sebagaimana Yosua, kita adalah umat pilihan Tuhan, mintalah kepadaNya agar kita diberi kekuatan melalui firman-Nya dalam menjalani kehidupan kita. (SE)


Doa

Bapa yang baik, biarlah firman-Mu memampukan kami menjalani hidup yang penuh dengan tantangan. Amin.