Untuk format audio klik disini


Lakukan Dengan Setia


Ulangan 12:1-12


Kitab Ulangan merupakan “catatan perpisahan” nabi Musa kepada bangsa Israel menjelang masuknya bangsa itu ke tanah Kanaan. Hukum-hukum Tuhan dalam kitab Keluaran, Imamat dan Bilangan, digabung dan diterapkan secara spesifik dalam kehidupan di Kanaan, yang akan segera dimulai tanpa kehadiran nabi Musa.

Pada perikop ini ditegaskan bahwa melakukan setiap ketetapan dan peraturan Tuhan dengan setia, adalah kunci keselamatan dan berkat yang akan diperoleh bangsa Israel.

Kita pernah mendengar istilah : menyatakan ikrar setia kepada suatu organisasi, atau ikrar setia kepada seorang pemimpin, namun saat ini kita diingatkan bahwa kesetiaan tidak cukup hanya diikrarkan atau diserukan dalam sebuah seremoni. Apalagi bukti kesetiaan pada Tuhan, tidak cukup hanya ditunjukan dengan rajin ke gereja dan beribadah. Kesetiaan kepada Tuhan tidak cukup hanya dengan ikrar setia di hadapan JemaatNya, bahkan tidak cukup dengan hanya aktif melayani Jemaat Tuhan di gereja.

Kita layak disebut setia, bila dimanapun kita berada, dan tanpa pengawasan siapapun, kita sungguh sungguh, tanpa ada keraguan, melakukan apa yang diperintahkan Tuhan dan menjauhi apa yang dilarangNya. Umat Tuhan yang setia tidak sedikitpun gentar dan ragu menjalankan semua perintah dan ketetapan Tuhan, walau banyak tantangan dan ancaman.

Bagaimana dengan kita? apakah kita sudah benar-benar setia kepada Tuhan? Bila kita masih sering lalai dan menyimpang atau masih suam-suam kuku, mari segera mohon Roh Kudus membimbing dan menguatkan kita agar sungguh-sungguh menjadi orang yang setia. Lakukan ketetapan dan peraturan Tuhan dengan setia selama kita hidup di dunia ini, agar ketika tiba waktunya kita layak menerima mahkota kehidupan, sebagaimana tertulis dalam Wahyu 2:10b: “Hendaklah engkau setia sampai mati, dan Aku akan mengaruniakan kepadamu mahkota kehidupan.” (SHT)



 Doa : Bapa yang baik, ampunilah segala kesombongan kami dan sadarkan kami bahwa semua yang kami miliki berasal dari Tuhan.Amin.