Tidak ada alasan untuk sombong

I Korintus 1:18-31

 

S'gala pujian bagi Tuhan

Hanya Tuhan layak disembah

Tak seorangpun layak megahkan diri

Kemuliaan hanya bagi Tuhan

Syair lagu diatas adalah refrain dari lagu rohani dengan judul "S'gala Pujian Bagi Tuhan". Sebuah lagu yang menggambarkan bahwa setinggi apapun prestasi manusia, tidak ada alasan bagi kita untuk menyombongkan diri, semua karena Tuhan.

Memang dunia kadang memandang rendah orang bodoh dan lemah, tetapi di dalam  Kristus kita yang dipilih menjadi anakNya akan membalikkan pandangan dunia yang bertentangan dengan firman Tuhan. Apa yang kita miliki saat ini, kepintaran, kekayaan, kesuksesan dan seterusnya. semua itu hanya kepercayaan yang Tuhan anugerahkan buat kita, bukan karena kita hebat atau mampu tetapi karena kebaikan Tuhan. Karena itu ayat yang menjadi perenungan kita hari ini mengatakan..."supaya jangan ada seorang manusiapun yang memegahkan diri dihadapan Allah." (Ayat 29).

Memang kecenderungan manusia mudah sekali menjadi sombong dengan apa yang dimiliki. Rasa kepemilikan itu begitu kental. Kesadaran bahwa kita tidak ada artinya tanpa Tuhan "..diluar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa" (Yohanes 15:5), itulah yang seharusnya mampu membuat kita rendah hati (bukan rendah diri). Kristus yang adalah Tuhan saja mau merendahkan diri mengambil rupa seorang  hamba dan menjadi sama dengan manusia, meninggalkan kemuliaanNya (Filipi 2) hanya untuk menyelamatkan kita orang berdosa. Karena itu kita harus memiliki pikiran dan perasaan yang dimiliki oleh Kristus.

Apa yang kita banggakan saat ini? Harta duniawi, jabatan/posisi, bisnis yang sukses dan seterusnya? Sadarlah semua itu hanya berkat yang Tuhan titipkan sementara buat kita. Seharusnya sikap kita adalah mengucap syukur dan mengembalikan semuanya kepada Sang pemberi berkat sehingga tidak ada kesempatan bagi kita untuk menyombongkan diri.  (SE).

 

Doa :
Bapa yang baik, ampunilah segala kesombongan kami dan sadarkan kami bahwa semua yang kami miliki berasal dari Tuhan.Amin.