Pentingnya Ajaran Lisan dan Tulisan

2 Tesalonika 2:13-17


Seorang teman berbagi foto di media sosial setelah dilantik sebagai pengurus komisi di gereja, di foto tersebut ia didampingi istrinya, dan ada pertanyaan dari temannya: ibu dilantik pengurus komisi apa? Dan dengan ringannya teman saya menjawab, komisi Tik Tok. Memang sang istri sangat aktif berekspresi di Tik Tok. Dengan Tik Tok orang bisa mengekspresikan diri sebebas mungkin, sejauh tidak melanggar kriteria “Etika” di Tik tok. Bagi pengguna Tik Tok pasti merasakan bahwa Tik Tok menyajikan video secara acak, sehingga untuk topik tertentu kita harus mencarinya secara khusus. Apabila kita mengikuti saja semua yang disajikan Tik Tok, maka kita akan menemukan berbagai macam konten, bahkan konten politik hingga yang berbau pornographi, begitu juga konten-konten berisi kata-kata bijak dan mendidik hingga yang menghasut dan menyesatkan. 

Keberadaan media sosial seperti Tik Tok tidak dapat dihindari, oleh karena itu kita harus bijak dalam menggunakannya. Pengikut Kristus yang bijaksana adalah orang yang mampu memilah dan menjauhi segala hal yang tidak disukai dan melakukan segala hal yang diperintahkan Tuhan. Maka agar kita tidak terperosok ke dalam dosa akibat media sosial, ingatlah Firman Tuhan sebagaimana yang tertulis pada 2 Tesalonika 2:15 di atas, kita harus terus menerus membaca (tulisan) dan mendengarkan (lisan) Firman Tuhan yang terdapat pada Alkitab maupun yang disampaikan oleh hamba-hamba Tuhan. 

Dari waktu ke waktu mata dan pikiran manusia dibuka sehingga semakin terbuka dan mampu mengembangkan teknologi yang sangat bermanfaat, namun ingatlah dengan teknologi itu pula si jahat hadir dan berusaha menyesatkan kita. Oleh karena itu sebagai anak-anak Tuhan, pergunakan selalu Tameng Keselamatan dari Tuhan dengan terus mempelajari dan memelihara Firman Tuhan, agar kita dapat selalu berdiri teguh dalam menjalani kehidupan kita di dunia ini.(SHT)


Doa

Ya Tuhan terima kasih karena Engkau sudah mengutus hamba-hamba-Mu untuk mengajar kami secara lisan dan tulisan, sehingga iman kami selalu kuat dan kami mampu hidup seturut kehendak-Mu. Amin.