MEMILIH DENGAN HIKMAT ALLAH

Lukas 6:12-19


Lukas 6:12-19 adalah salah satu narasi penting dalam kehidupan Yesus Kristus yang memberikan pengajaran yang berharga tentang memilih dengan hikmat Tuhan. Dalam renungan ini, mari kita renungkan bagaimana Yesus memilih kedua belas murid-Nya yang Ia awali dengan doa semalam-malaman di Lukas 6:12. Dalam ayat 12, Lukas mencatat bahwa Yesus pergi ke bukit untuk berdoa sepanjang malam sebelum memilih murid-murid-Nya. Hal ini menyoroti betapa pentingnya Yesus meminta petunjuk dari Bapa-Nya sebelum mengambil keputusan besar. 

Sebagai manusia yang sepenuhnya bergantung pada Allah, Yesus mengajarkan kepada kita untuk tidak mengandalkan kebijaksanaan atau pemikiran kita sendiri, tetapi untuk mencari kehendak Tuhan melalui doa yang sungguh-sungguh. Ini menekankan pentingnya kita juga mencari arahan dan petunjuk Allah dalam hidup kita. Selama ini mungkin kita berfikir 12 murid ini adalah pengikut awal tetapi jika kita membaca di Lukas 6:17 maka kita menjumpai fakta waktu Yesus turun bersama murid yang baru dipilih, maka mereka menjumpai banyak orang yang datang. Artinya memang saat itu Yesus sudah punya banyak pengikut dan Dia memilih 12 orang ini bukan dengan pertimbangan paling pintar, paling kaya dll yang dilihat manusia. 

Walaupun dari 12 orang yang dipilih sudah dengan doa, masih ada satu yang berkhianat atau tidak 100% sempurna. Marilah kita belajar dari teladan TUHAN YESUS dan mengawali semua pekerjaan kita dengan doa dan ucapan syukur. Kita bersedia mengandalkan Tuhan dalam semua pergumulan kita Bersama Tuhan, kita dimampukan menjalani kehidupan, bahkan yang tidak mudah sekalipun. (SDC)


Doa

Tuhan, kami ingin mengandalkan Engkau dalam setiap hari, jam,
bahkan menit serta detik perjalanan kami di dunia. Amin.