Untuk format audio klik disini


TUHAN PEMBERI KEKUATAN

Yeremia 1:4-10


Nabi digambarkan sebagai penerima pesan dari Tuhan melalui wahyu untuk disampaikan kepada manusia, dan memperingatkan mereka agar tidak menyimpang dari perintah Allah. Dalam Alkitab Perjanjian Lama, Yeremia tercatat sebagai Nabi Besar yang dipanggil dan ditetapkan oleh Tuhan menjadi Nabi bagi bangsa-bangsa pada usia masih muda dan belum pandai bicara.

 

Yeremia merasa tidak siap bertugas menjadi Nabi karena merasa “masih muda” dan “tidak pandai bicara”. Namun Tuhan berfirman bahwa Ia “telah memilih” dan mengangkat Yeremia atas bangsa-bangsa dan atas kerajaan-kerajaan untuk mencabut dan merobohkan, membinasakan dan meruntuhkan, membangun dan menanam (ay. 10). Tidak hanya itu, Tuhan juga memberikan “kekuatan” dan “kemampuan” yang besar sehingga Yeremia diberkati dan mampu menentang kesalahan manusia pada masa kenabiannya, terutama dalam hal penyembahan berhala.    

 

Dalam kehidupan ini kita sering merasa tidak siap, lemah, ataupun tidak mampu melakukan tugas dari profesi masing-masing, entah sebagai pelajar, pegawai, guru, pedagang, dan apapun profesi lainnya. Apalagi jika tugas yang diperoleh “masih baru” atau belum pernah dilakukan sebelumnya. Biasanya akan muncul perasaan enggan, tidak berani, tidak mampu, tidak percaya diri. Perasaan yang demikian lalu dapat menjadi energi negatif yang menghalangi kita untuk melakukannya, bahkan terlepas apakah usia kita masih muda atau tidak.

 

Dalam kondisi seperti ini, yang harus selalu kita ingat dan lakukan adalah meminta pertolongan dan kekuatan dari Tuhan agar diberikan kemampuan dan keberanian untuk memulai sesuatu. Karena nyatanya tidak akan pernah ada keberhasilan dari suatu keinginan atau tugas jika tanpa suatu awalan percobaan untuk melakukannya. Oleh karena itu, kita perlu menghayati bahwa Tuhan telah memilih kita dan memberikan kekuatan serta kemampuan sesuai talenta kita masing-masing, dan Ia tidak akan membiarkan umatNya yang meminta pertolongan berjalan sendiri dengan lemah. (MS)

 



Doa:
Tuhan, berikanlah kami kekuatan dan kemampuan untuk berjalan dan mengerjakan tugas-tugas kami sesuai dan sejalan dengan kehendakMu agar kami dapat melangkah dengan keberanian dan penuh rasa percaya diri. Amin.