Untuk format audio klik disini


PERLENGKAPI DAN MAMPUKAN KAMI, TUHAN.

KELUARAN 4:1-17


Dengar Dia panggil nama saya, dengar Dia panggil namamu, adalah sebuah penggalan lagu Sekolah Minggu yang cukup familiar dan hampir setiap kita pernah menyanyikannya.  Biasanya setelahnya lagu ini dirangkai dengan lagu yang menjadi respon dimana kakak GSM akan mengajak menyanyikan dengan sepenuh hati: ku jawab Ya...ya...ya...ku jawab ya, Tuhan....

Ketika Musa dipanggil dan diutus Tuhan, Musa menyadari kekurangannya, ia tidak percaya diri (ayat 1) dan tidak pintar bicara (ayat 10). Hal ini  membuat Musa merasa tidak layak menerima tugas tersebut, sehingga Tuhan harus berulangkali meyakinkan dan menegaskan penyertaan-NYA. Tuhan mengingatkan bahwa Ia dapat menggunakan apa yang Musa miliki saat itu, bukan sesuatu yang tidak ia miliki. Ayat 2, "Apakah yang di tanganmu itu?" Jawab Musa: "Tongkat." Lihatlah, tongkat kayu sederhana pun menjadi alat ditangan Tuhan untuk melakukan berbagai mukjizat. Tuhan menyertai lidah Musa, serta menunjuk Harun sebagai juru bicara. Ketika Tuhan memilih dan mengutus seseorang, maka Tuhan akan menyertai dan memperlengkapi supaya ia mampu melakukan kehendakNya tersebut. Oleh sebab itu, pergilah, Aku akan menyertai lidahmu dan mengajar engkau, apa yang harus kaukatakan." (ayat 12)

Kita memang tidak layak dipakai Allah. Namun jika kita yang tidak layak ini diperkenankan Allah untuk melayaniNya maka sebaiknya kita menerima panggilan itu bukan? Sudah seharusnya kita melihat panggilan Allah tersebut sebagai anugerah yang perlu disyukuri. Jika Allah melayakkan dan memampukan kita untuk melayani Dia, maka tidak ada alasan bagi kita untuk menolak. Jika Allah dapat memakai tongkat Musa, maka Ia juga dapat memakai apa yang ada pada diri kita.  Kujawab ya Tuhan, ku jawab ya Tuhan, ku jawab YA.YA.YA.

Selamat menjawab panggilan Tuhan dan mengerjakan yang dipercayakan Tuhan kepada kita dengan syukur. Roh Kudus memampukan. (PBA)




DOA:
Terimakasih Bapa, Engkau layakkan kami untuk menerima panggilan MU. Perlengkapi kami dan mampukan kami mengerjakan panggila-MU. Amin