Untuk format audio klik di sini


Resep Manjur  Kebahagiaan  Hidup

Amsal 3:13-18


Menjalani kehidupan di dunia ini dalam keadaan sehat jasmani-rohani, penuh kebahagiaan dan kesejahteraan, adalah dambaan semua orang. Rasanya siapapun pasti ingin memiliki umur panjang untuk menjalani hidupnya selama mungkin, dan akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk mewujudkannya.

 Di dalam alkitab, Allah telah menyiapkan resep manjur bagi setiap kita yang ingin hidup bahagia sejahtera sejati sepanjang umur kita, yakni dengan memiliki hikmat yang berasal dari Tuhan (Ams 3:13-18). Pengertian hikmat (dirangkum dari beberapa karya tulis) adalah suatu kualitas kecerdasan yang diberikan Tuhan kepada manusia, yang lebih tinggi nilainya dari kemampuan intelektual itu sendiri, yang mengatur jalan hidup manusia sehari-hari secara praktis dan terampil, serta membawa manusia pada keberhasilan hidup untuk memuliakan Allah. Hikmat ini bisa didapat melalui serangkaian upaya manusia yakni: menjalani hidup yang takut akan Tuhan, memohon Allah mengaruniakan Roh Hikmat itu dalam sikap yang rendah hati (Efesus 1:17-19), tekun mempelajari firman-Nya dan taat serta menyediakan diri untuk menjalankan kehendak-Nya.

Sedikit berbeda dengan teori Maslow, dimana manusia menjadi pusat penentu kebahagiaan, hikmat Allah berpusat pada Allah sendiri sang sumber segala karunia. Ia akan mengaruniakan segala sesuatunya (umur panjang, kemakmuran, kehormatan, kebahagiaan, kesejahteraan, dll) kepada kita yang telah dengan setia dan tekun menjalani hidup dalam kebenaran untuk melakukan kehendakNya.

Nah, bagaimana dengan kita saat ini? Apakah kita masih akan terus mengejar kebahagiaan hidup versi Maslow? Atau, sudah mulai mempraktekkan resep manjur dari Allah? Mari, kita cari terus kebahagiaan yang sejati itu, dimana Ia berkenan menghadapkan wajah-Nya kepada kita, dan tak satu hal pun di dunia ini mampu memalingkan kita dari hadirat-Nya. (GEP)


DOA :
Ya Bapa, dengan segala kerendahan hati, terangilah hati kami dengan hikmat-Mu, agar kami semakin memahami kehendak-MU dan semakin setia dan tekun melakukan-Nya. Amin