Yohanes 15:14-16 (TB)  Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.
Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.
Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku, diberikan-Nya kepadamu.

Coba baca Yoh 15:14-16 ini berulang ulang dan renungkan pelan pelan, ulangi dan ulangi lagi.  Bohong kalau kita tidak terharu dan terkesan membaca pengakuan Yesus ini "Kamu adalah sahabat-Ku". MENJADI SAHABAT ALLAH wow banget.. ...jadi presiden atau kaya atau mendapat posisi terhormat secara dunia doang mah kecil kalau gini.  Mimpi pun tidak kita dianggap sahabatnya Allah dan bukan hanya umat atau hamba saja.

Thema Natal PGI dan banyak diikuti gereja saat ini adalah "Hiduplah Sebagai Sahabat Buat Semua Orang". Serasa thema ini begitu menantang kita sebagai ciptaan untuk bisa menjadi sahabat semua orang. Mampukah kita? Apalagi kalau kita memandang ke orang jahat yg melakukan kejahatan terstruktur serta sengaja  pada kita.  Seolah menjadi sahabat itu serasa susah dan mustahil. TIDAK MUNGKIN KITA MAMPU MENGASIHI ORANG YANG JAHAT SAMA KITA . Bukankah begitu pendapat kita teman ?

Saya mau ambil contoh kasus yang saya alami dimana tanah saya yang sdh bersertifikat dari tahun 2003 tiba tiba di klaim orang tahun 2019 ini. Istri saya selalu ingatkan ketika saya lapor ke Polisi dan BPN untuk tetap mengasihi walau dijahati. Apalagi orang orang ini orang yg saya kenal dan mereka tidak punya dokumen yang kuat tapi karena uang dan nekat dia bisa punya surat.  Serasa lebih mudah memakai kekerasan melawan orang seperti ini dan menjadikan mereka sahabat ??? Mustahil bukan atau pengalaman kemarin saat naik motor ke warung depan komplek dan tiba tiba pengendara motor didepanku membuang puntung rokok ke belakang dan kena mukaku seketika aku emosi dan mengejar dan orang yang aku kejar sadar dia mau lari ketakutan tetapi TUHAN ingatkan aku buat sabar dan bersyukur cuma kena muka dan tidak mata. Aku melambatkan motorku dan tidak jadi marah. Mungkin teman teman punya pengalaman lain yg lebih berat tetapi apapun masalahnya kita ditantang buat bisa terus menjadi sahabat buat dunia.

Kalau kita merasa sulit ingat selalu Allah menjaga dan menyertai kita seperti yang tertulis di 2 Korintus 4:6 (TB)  Sebab Allah yang telah berfirman: "Dari dalam gelap akan terbit terang!", Ia juga yang membuat terang-Nya bercahaya di dalam hati kita, supaya kita beroleh terang dari pengetahuan tentang kemuliaan Allah yang nampak pada wajah Kristus.  Ingat juga ayat ini Lukas 6:33 Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosapun berbuat demikian. JADI SAHABAT ALLAH itu membanggakan tetapi di sisi lain ALLAH tuntut kita juga menjadi sahabat buat dunia, bisakah kita ???

Allah pasti memampukan kita menjadi sahabat buat dunia karena seperti tertulis di 2 Korintus di atas DIALAH YANG MEMBUAT TERANGNYA BERCAHAYA DIHATI KITA dan masalahnya sekarang menjadi bukan bisa atau tidak tetapi MAU atau TIDAK.  Kalau mengandalkan diri sendiri pasti kita tidak mampu.  Secara manusia kita akan lebih mudah berkata mata ganti mata dan nyawa ganti nyawa  Keluaran 21:23-25 (TB)  Tetapi jika perempuan itu mendapat kecelakaan yang membawa maut, maka engkau harus memberikan nyawa ganti nyawa, mata ganti mata, gigi ganti gigi, tangan ganti tangan, kaki ganti kaki, lecur ganti lecur, luka ganti luka, bengkak ganti bengkak.

Menjadi sahabat buat dunia bukan perkara mudah tetapi HARUS.  Karena ini adalah tuntutan Allah yang sudah menjadikan kita sahabatnya.  Sebagai Sahabat ALLAH kita akan bisa mengetahui isi hati Allah karena kepada sahabat seseorang bisa terbuka, Sebagai sahabat pasti ada semangat saling menjaga dan merasakan apapun kesulitan yang dialami sahabatnya, Sebagai Sahabat kita akan berbagi apa saja terkadang lebih dari kita berbagi sama saudara kita sendiri dll dll. DAN KITALAH SAHABAT ALLAH itu.

Selamat Tabun Baru para SAHABAT ALLAH