Untuk format audio klik disini

 

ADAKAH DENDAM DI HATI?

Roma 12:17-21, 13:8-10

 

Salah satu kata bijak menuliskan demikian :

Jika kebaikan dibalas kebaikan itu perkara biasa

Jika kejahatan dibalas kejahatan itu dendam

Jika kebaikan dibalas kejahatan itu kejam

Jika kejahatan dibalas kebaikan itulah sikap yang mulia. 

 

          Kalimat kedua pada pernyataan bijak di atas menjelaskan salah satu kedagingan manusia, yakni perasaan kesal, marah, bahkan niat untuk membalas kejahatan yang orang lain telah akukan kepada kita. Dendam tidak kenal usia, beberapa anak kecil yang kecewa atau bahkan menangis, bisa saja dengan mudah membalas perlakuan temannya. Baik dengan perkataan yang kasar dan tidak sopan, maupun dengan pembalasan fisik.  Dendam juga terlihat dari banyaknya berita di berbagai media yang mengisahkan perbuatan keji yang dilakukan karena sakit hati. Beberapa di antaranya membalaskan dendam kepada anggota keluarga: ibu, ayah, anak, dll. Kondisi tersebut mengerikan, tetapi juga menjadi fakta yang kita jumpai dalam kehidupan ini.

 

Bacaan Alkitab kita pada hari ini mengajak kita untuk merenungkan kembali.

·        Apakah kita menyimpan dendam kepada orang yang ada di sekitar kita?

·        Apakah kita tega menjatuhkan orang lain yang dengan berbagai cara?

o   Jika jawaban dari pertanyaan di atas adalah iya, mari kita mengambil waktu sejenak, memohon Tuhan mengampuni diri kita dan menolong kita mengampuni mereka. Sebutlah namanya, dan bawalah di dalam doa.

o   Jika tidak, mari kita mendoakan sesama kita yang sedang berjuang untuk memberi pengampunan dan menyatakan kasih.

 

Dengan tegas, Firman Tuhan menegur kita pada ayatnya yang ke-17 “Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang! Selanjutnya di ayat yang ke-18 hiduplah dalam perdamaian, serta tunjukan kasih pada musuh kita (ay.20). Kasih Tuhan yang begitu besar dinyatakan bagi setiap kita, anak-Nya. Maka marilah kita menjadi pelaku kasih, termasuk kepada musuh, serta mereka yang melakukan kejahatan kepada kita. (CO)

 

DOA :
Tuhan yang baik, mampukan kami agar tidak menyimpan dendam
melainkan menjadi pelaku kasih, Amin.