Untuk format audio klik di sini


Iri Hati? Segera Berdoa!

Kisah Para Rasul 17:1-9


Dalam 3 hari Sabat Paulus dan Silas menjelaskan dan bersaksi di Sinagoge, bahwa Mesias yang berdasarkan Kitab Suci Orang Yahudi ditunggu-tunggu umat manusia sudah datang, sehingga banyak orang yang menjadi percaya.

Seharusnya dari sejak Sabat pertama orang-orang Yahudi punya banyak waktu dan kesempatan untuk berdiskusi dan kemudian membantah apa yang disampaikan oleh Paulus. Namun, mungkin karena mereka tidak mampu menemukan dasar Kitab Suci yang dapat membantah Paulus, maka bukannya menjadi percaya, orang-orang Yahudi itu malah menjadi iri dan menggerakan para penjahat untuk melakukan teror di Tesalonika (Kisah Rasul 17:5).

Seorang yang iri hati akan menghasut orang lain untuk berada dipihaknya, dengan berbagai cara ia menjelek-jelekan, memfitnah dan menakut-nakuti setiap orang yang dihasut, agar orang yang dihasut menjadi percaya dan ikut membenci orang yang dijelek-jelekan itu.

Iri hati selalu menimbulkan kekacauan dan sejak awal sejarah manusia telah mengakibatkan Hawa jatuh ke dalam dosa karena hasutan sang iblis. Di dalam iblis tidak ada kebenaran, dan ia terus menebarkan benih-benih iri hati, dusta serta permusuhan ke seluruh umat manusia, untuk mengacaukan pekerjaan Tuhan. Oleh karena itu Tuhan Yesus menyebut iblis disebut sebagai bapa segala dusta (lih. Yoh 8:44).

Apabila saat ini anda sedang merasa tidak senang atas prestasi orang lain, dan bukannya memuji namun malah mulai mencari-cari kekurangan orang itu, bahkan mencari bahan gosip untuk menjelek-jelekannya, berhati-hatilah karena benih-benih iri hati sedang ditaburkan oleh si jahat kepada anda.

Segeralah berdoa kepada Tuhan agar anda diselamatkan dan tidak jatuh ke dalam dosa, dengan mengingat Firman Tuhan pada Yakobus 4:2b “… KAMU IRI HATI, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, KARENA KAMU TIDAK BERDOA.”(SHT)

 

DOA:
Bapa yang di sorga hamba mohon ampun karena hamba sadar sudah menjauh dariMu sehingga hamba menjadi iri hati, tolong hambaMu ini Tuhan agar terbebas dari rasa iri hati. Amin