AKTIF MEMBENTUK PERSEKUTUAN YANG ERAT

Kisah Para Rasul 5:12-16

 

Ketika jumlah pegawai masih di bawah 100, sesama pegawai saling mengenal dengan baik, termasuk mengenal keluarga masing-masing. Namun pertumbuhan perusahaan yang pesat menghilangkan itu semua.

 

Pertumbuhan pesat dialami gereja kita dan hal itu menjadi masalah serius bila kita lantas tidak mengenal sesama jemaat dengan baik, sebab akan mempersulit tercapainya tujuan gereja yaitu koinonia (persekutuan), diakonia (pelayanan) dan marturia (kesaksian).

 

Jemaat yang besar memang baik, namun bila interaksi antar jemaat hanya terbatas pada sebagian jemaat saja, maka hal tersebut membuat gereja sulit membentuk suatu persekutuan yang erat seperti yang dicontohkan perikop yang kita baca, di mana semua orang percaya, bukan hanya para Rasul, memperlihatkan bahwa menjadi warga kerajaan Allah bukan hanya melaksanakan ritual pada waktu tertentu saja, tetapi membentuk dan menjalani persekutuan yang erat (ayat 12b), dan dengan demikian dapat bersaksi dan saling melayani dengan baik; pendeta, penatua dan aktivis selalu berupaya untuk mencapai tiga tugas gereja tersebut, namun dengan banyaknya jumlah anggota jemaat, semua harus ikut berperan aktif. Bila tidak, maka upaya yang dilakukan mungkin hanya dapat menjangkau sebagian jemaat saja.

 

Peran aktif kita sangat dibutuhkan, seperti hadir dalam pertemuan-pertemuan, terlibat dalam kegiatan pelayanan di gereja, termasuk dalam kepanitiaan di wilayah maupun di gereja. Gereja berbeda dengan tempat kita bekerja. Di kantor keterkaitan sesama pegawai sebatas urusan pekerjaan saja, bahkan pada usia pensiun kita harus meninggalkan perusahaan, sehingga tidak ada keharusan memiliki hubungan erat dengan semua pegawai. Tidak demikian halnya di gereja. Hubungan erat harus terus dirawat karena kita kelak akan dipersatukan bersama Kristus.

 

Marilah aktif membentuk persekutuan yang erat dengan sesama jemaat, dan berperan nyata dalam tercapainya tujuan gereja yaitu koinonia, diakonia dan marturia. Tuhan memberkati (SHT).


DOA :
Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ini agar berperan aktif dalam persekutuan yang erat dengan sesame anggota jemaat untuk mendukung tercapainya tugas gereja-Mu di dunia ini. Amin.