Untuk format audio klik di sini


Mari Uji Keiklhasan Perbuatan Kasih dan Persembahan Kita!

2 Korintus 8:8-15


Dalam surat ini Paulus memberikan petunjuk kepada orang-orang percaya miskin di Yerusalem tentang pengumpulan persembahan. Mereka bukanlah orang-orang yang belum tekun/ rutin memberikan persembahan. Bahkan Paulus mengatakan mereka adalah orang-orang yang kaya dalam segala sesuatu – dalam iman, dalam perkataan, dalam pengetahuan, dalam kesungguhan untuk membantu, dan dalam "kasihmu terhadap kami" (Paulus dan pelayannya) – (ay.17).

Meski demikian, Paulus hendak menetapkan dasar prinsip-prinsip sebagai pedoman bagi orang-orang percaya tentang persembahan dan pelayanan kasih, yaitu:

1. Memberi harus dengan rela

2. Memberi adalah berdasarkan apa yang ada pada kita, bukan dari apa yang tidak ada.

3. Memberi belum cukup sebagai bukti dari adanya kasih di dalam kita jika tanpa disertai kerelaan dan pengorbanan.

4. Saat Allah menyediakan kelimpahan bagi kita, itu adalah untuk kita bisa lebih berlipat ganda lagi dalam memberi.

Mengapa pedoman ini berlaku bagi kita?

Karena kita telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus. (ay.9) Satu hakikat dan sifat Kristus ialah memberi secara berkorban dengan rela. Karena Ia telah menjadi miskin, maka sekarang kita mengambil bagian dalam kekayaan kekal-Nya.              Allah menginginkan sikap yang sama di kalangan orang percaya sebagai bukti bahwa kasih karunia-Nya berkerja di dalam diri kita.

Persembahan dan pelayanan kasih yang diberi dengan kerelaan dan pengorbananlah yang menjadikan perbuatan kasih dan persembahan orang-orang percaya itu berkualitas atau tidak di mata Tuhan.

Pada bulan ini, panitia Bulan Misi di GKI Kranggan mengajak kita untuk ‘Tetap Menabur Dimasa Sukar’. Mari berpartisipasi! Mari menguji: adakah keiklhasan dan pengorbanan di dalam perbuatan kasih dan persembahan kita? (SEH)


Doa :  Ya Roh Kudus, tolonglah agar kami semakin serupa dengan Kristus. Agar di dalam pelayanan kasih dan persembahan kami tidak sembarangan, namun disertai keikhlasan dan pengorbanan. Amin