Untuk format audio klik disini


ORANG BIASA YANG DIPAKAI TUHAN

Kisah Para Rasul 4:13-31


Pengalaman terindah bagi seorang Kristen sejati yaitu ketika berjumpa dengan Yesus secara pribadi dan menjadikan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Semangat inilah yang dimiliki Petrus dan Yohanes untuk terus memberitakan Injil kepada banyak orang walaupun penuh tantangan. Setelah peristiwa Pentakosta, Petrus berkhotbah dan 3000 orang percaya Yesus, menyembuhkan orang lumpuh, dan bersama Yohanes mereka mengajar dan menambah orang yang percaya Yesus menjadi 5000 orang. Semua itu bisa terjadi karena karya Roh Kudus di dalam hidup mereka.

 

Pengajaran mereka tentang pribadi Yesus mempengaruhi banyak orang menjadi percaya. Hal itu membuat mereka menjadi incaran para imam dan orang Saduki untuk menangkap dan mengadili mereka. Petrus dan Yohanes memberi kesaksian, bahwa di dalam Yesus ada kebangkitan orang mati. Kesaksian tersebut membuat para penentang tidak mau menerimanya. Nama Yesus menjadi ancaman bagi para penentang, mereka berusaha menangkap Petrus dan Yohanes serta menghalangi pemberitaan tentang Yesus.

 

Petrus dan Yohanes sendiri dikenal sebagai manusia biasa, dengan latar belakang seorang nelayan yang tidak terpelajar. Tetapi kenyataan bahwa ada orang yang lumpuh sejak lahir disembuhkan, membuat orang banyak tidak dapat membantahnya. Pengenalan Petrus dan Yohanes terhadap pribadi Yesus ialah sejak mereka dipilih menjadi murid, hidup dan melayani bersama Yesus, sampai peristiwa kematian, kebangkitan, kenaikan Yesus ke surga dan turunnya Roh Kudus. Semua hal tersebut meneguhkan keyakinan Petrus dan Yohanes bahwa Yesus adalah Tuhan dan hanya di dalam namaNya manusia diselamatkan. Pengenalan dan perjumpaan dengan Yesus yang mendalam itulah yang mendorong mereka untuk membagikan berita sukacita itu juga ke seluruh dunia.

 

Apakah kita sudah mengalami perjumpaan dengan Yesus secara pribadi, dan maukah kita dipakai Tuhan untuk menjadi saksiNya di lingkungan kita supaya banyak orang percaya Yesus dan diselamatkan? Kuasa Roh Kudus siap menolong kita. (SE)

 

DOA :
Ya Tuhan, pakailah hidupku sebagai alat di tanganMu untuk memberitakan kabar baik. Amin.