HARAPAN DALAM SEBUAH NAMA

Yeremia 20:1-6


Nama biasanya mengandung harapan baik bagi kehidupan si empunya nama. Nama juga sekaligus mengingatkan kehidupan seperti apa yang mestinya dijalani oleh pemilik nama tersebut. Seorang yang dinamai “Setiawan” misalnya, seharusnya menyadari bahwa ia diharapkan memiliki kesetiaan dan sekaligus selalu mengingatkan supaya ia menjadi orang yang setia dalam segala perkara.

Tidak jelas apa arti nama Pasyhur. Namun, bila kemudian Yeremia mengatakan bahwa Tuhan akan mengganti nama imam itu menjadi “Kegentaran-dari-segala-jurusan”, agaknya dapat disimpulkan bahwa arti Pasyhur mestinya berkebalikan dari nama baru itu. “Kegentaran-dari-segala jurusan” artinya teror dari segala arah. Teror sudah pasti tidak akan menimbulkan sukacita, apalagi damai sejahtera. Yang dihasilkan oleh teror adalah kerusakan, kehancuran, ketakutan, kecemasan, dan kedukaan. Itu menjadi lambang dari kehancuran Yerusalem dan Bait Allah sebagaimana dinubuatkan oleh Yeremia.

Penting bagi kita untuk mengetahui arti nama kita masing-masing. Dengan demikian, kita akan memahami harapan apa yang dimiliki oleh orangtua kita ketika kita dilahirkan. Harapan baik dari orangtua pada dasarnya juga mencerminkan kehendak dan kebenaran Tuhan bagi kehidupan kita. Apakah kita sudah mewujudkannya dalam hidup kita selama ini? (Wasiat)

 

Doa

Kami bersyukur bahwa di dalam nama kami terkandung harapan baik bagi diri dan kehidupan kami. Ingatkanlah kami selalu, ya Tuhan, agar kami terus berjuang mewujudkan setiap harapan baik tersebut. Amin.