Apa yang Menempati Keseluruhan Isi Hatimu?

Yesaya 5:11-17


Apa yang menempati keseluruhan isi hatimu? Yesaya 5: 11-17

Dunia kita sekarang ini merupakan dunia yang sangat sibuk. Ini juga berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Karena kesibukan yang begitu tinggi dan padat, orangtua tidak sempat mengobrol dengan anak-anaknya di rumah. Berangkat pagi pulang malam. Barangkali ada orang yang saking sibuknya tidak mengetahui peristiwa yang terjadi di sekitar tempat tinggalnya. Mungkin ada juga orang yang bangun pagi-pagi, yang dilihat pertama kali isi pesan di media sosial, dan banyak contoh lainnya. Kesibukan berpotensi membuat kehidupan yang kita jalani jauh dari kepedulian, baik terhadap keluarga maupun orang-orang di sekitar kita.

Yesaya 5:11-17 ini merupakan salah satu peringatan keras yang disampaikan oleh Nabi Yesaya terhadap bangsa Israel. Peringatan keras ini disampaikan karena kehidupan bangsa Israel sudah sangat jauh dari kehendak Tuhan. Dari bangun pagi-pagi sampai malam hari yang dicari adalah kenikmatan, kemabukan, pesta pora, kesemarakan, keramaian dan sebagainya. Akibatnya dari perbuatan-perbuatan tersebut, bangsa Israel tidak memperhatikan dan memandang pekerjaan/perbuatan Tuhan, tidak memberikan hati terhadap pekerjaan Tuhan, tidak berminat memahami kehendak Tuhan. Di dalam kondisi semcam itulah, Tuhan akan menyatakan keadilan dan kebenaranNya.

Di tengah kesibukan, kesemarakan, kenikmatan, apakah Tuhan masih memiliki tempat di hati kita? Kita tidak boleh sombong. Kita patut bersyukur karena masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melihat, memandang, memperhatikan pekerjaan dan perbuatan Tuhan. Dari bangun pagi-pagi sampai malam hari tiba, kehidupan kita senantiasa dipelihara oleh Tuhan. (HS)


DOA :
Ya Allah Maha Benar dan Maha Adil, tolong dan kuatkan kami agar dapat terus memandang pekerjaan dan perbuatanMu dalam kehidupan ini. Amin.