Mengapa Tersembunyi dan Tak Terpahami?

Lukas 18:31-34

 

Lukas 18:34, menuliskan "Akan tetapi mereka sama sekali tidak mengerti semuanya itu; arti perkataan itu tersembunyi bagi mereka tidak tahu apa yang dimaksudkan." Mungkin kita berpikir, Lambat benar para murid ini memahami kata-kata dan maksud Yesus!


Dalam hal ini kita tidak sendiri. Ada banyak orang Kristen yang juga berpikir hal yang sama. Kita gemas membaca kelambanan para murid mengerti maksud Yesus yang berulang-ulang berusaha menyampaikan tentang jalan derita yang akan IA tempuh. Mungkin kita juga berpikir, seandainya mereka memahami lebih awal tentang via dolorosa, misi penyelamatan itu, mereka tidak akan menjadi komunitas murid yang penakut, putus asa, dan bahkan meragukan keilahian Kristus setelah penyaliban itu berlangsung.

 

Tetapi sadarkah, kita juga seringkali seperti para murid? Terkungkung dalam ketakutan, kekuatiran hidup, putus asa, bahkan tak mampu memahami maksud Allah saat kita juga harus memikul salib kita?


Mengapa semua itu bisa tersembunyi dan tak dipahami? Jelas, kita sama seperti para murid. Hanya mau terpesona pada Allah yang sesuai dengan kemauan kita saja. Para murid jelas, sangat tidak bisa menerima bahwa guru mereka akan diolok-olokkan, dihina dan diludahi, disesah bahkan kalah, dibunuh! (Ayat 32, 33) Hal ini berakibat, semua perkataan Yesus, berlalu seperti angin lewat saja. Saat hal itu benar-benar terjadi, mereka tak ingat apapun tentang perkataan Yesus, dan malah letih lesu semua.

 

Saudara, mari kita mulai membuka diri kita penuh pada semua jalan Tuhan di hidup kita, entah itu sesuai atau tak sesuai dengan keinginan kita, supaya kita dapat memahami maksud Tuhan bagi hidup kita. Bukankah hidup menjadi lebih tenang, saat kita terbuka akan semua kemungkinan jalan Tuhan bagi kita? Tak perlu mengatur Tuhan tentang apa yang harus IA lakukan di hidup kita. Sungguh, IA tahu yang terbaik! (DWM)

 

DOA :
Bapa, saat kami tak paham jalan-Mu, tolonglah kami
untuk melihat kehadiran-Mu dalam seluruh hidup kami,
 bahkan di hidup yang tak sesuai harapan kami. Amin